Keunggulan Memanen Padi Menggunakan Mesin Teknologi Modern

Dasar Pertanian - Teknologi pertanian kini semakin modern dan berkembang lebih baik, hal ini terbukti dengan adanya inovasi baru dibidang pertanian padi. Mesin penanam padi dan pemanen padi modern adalah salah satu contohnya. Jika sebelumnya sudah dibahas tentang mesin penanam padi modern, sekarang saatnya kita membahas tentang bagaimana keunggulan memanen padi menggunakan mesin teknologi modern. Seperti yang belum lama ini dilakukan petani padi di daerah kami tinggal, tepatnya di Desa Rambah Baru, Kecamatan Rambah Samo, Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau. Para petani padi sekarang sudah tidak perlu memikirkan bagaimana cara praktis memanen padi karena sudah ada mesin pemanen padi modern yang bisa meringankan beban mereka.

Keunggulan mesin pemanen padi modern ini sungguh luar biasa, bagaimana tidak? Buktinya banyak petani padi yang memanfaatkan mesin modern pemanen padi ini sebagai alat untuk memetik padi. Bahkan sekarang saking hebatnya mesin tersebut, padi yan dipetik bisa langsung dirontokkan dengan mesin tersebut. Jadi tidak perlu kerja dua kali dan ini lebih mempersingkat waktu, biaya dan tenaga. Lantas apa saja keunggulan dari mesin pemanen padi modern ini? Berikut ini dasar-pertanian akan bagikan beberapa manfaat dari penggunaan mesin pemanen padi modern sebagaimana hasil wawancara penulis dengan beberapa petani yang ada di daerah kami tersebut.

Keunggulan Memanen Padi Menggunakan Mesin Teknologi Modern
Proses Pemanenan Padi Menggunakan Mesin Teknologi Modern ( Foto by Wahyu Hendro Wibowo/admin dasar-pertanian )


Keunggulan Memanen Padi Menggunakan Mesin Teknologi Modern


1. Menghemat waktu

Salah satu manfaat dan keunggulan dari mesin teknologi pemanen padi ini adalah dapat menghemat waktu, artinya proses pemetikan padi menjadi lebih cepat dan singkat. Faktanya dengan menggunakan mesin modern pemanen padi in, hanya butuh kurang lebih 1 jam untuk memanen padi seluas 1 hektar. Namun kecepatan waktu pemanen ini tergantung pada kondisi lahan sawah, jika lahan sawah kering pada saat panen, maka proses pemananen akan lebih cepat.

2. Menghemat biaya

Selain itu manfaat memanen padi menggunakan mesin modern adalah untuk menghemat biaya, faktanya dengan menggunakan mesin pemanen padi modern ini, biaya yang dikeluarkan petani untuk memanen padi menjadi lebih kecil bila dibandingkan menggunakan jasa buruh pemanen padi. Kalau biasanya mereka menggunakan jasa buruh pemanen padi, satu orang buruh dibayar 80 ribu perhari, dan rata-rata untuk lahan sawah 1 hektar harus menggunakan jasa buruh kurang lebih 5 orang untuk siap dalam satu hari. Jadi uang yang harus dikeluarkan petani untuk memanen padi saja 450 ribu sehari, belum lagi upah merontokkan padinya. namun dengan menggunakan mesin pemanen padi modern ini, hanya butuh biaya kurang lebih 200 ribu dan padinya sudah langsung dirontokkan sekaligus.

3. Mengehemat tenaga

Tidak hanya waktu dan biaya saja dapat di hemat, tapi dengan mesin ini tenaga yang dibutuhkan untuk memanen padi mejadi lebih ringan, namanya juga menggunakan mesin.

Itulah beberapa Keunggulan Memanen Padi Menggunakan Mesin Teknologi Modern yang dapat admin bagikan kepada anda semua. Meskipun demikian di samping ada keunggulan tentu ada juga kelemahan dari memanen padi menggunakan mesin modern ini. Untuk mengetahui lebih jauh tentang apa saja kelemahan memanen padi menggunakan mesin teknologi modern, and abisa baca pada artikel kami yang ada pada link dibawah ini.
Silahkan baca : Inilah Beberapa Kelemahan Memenen Padi Menggunakan Mesin Modern

Jadi pada intinya adalah teknologi pertanian yang semakin maju da berkembang ini harus dimanfaatkan dengan baik, dan harus dijaga dan dirawat dengan baik juga. Dengan demikian teknologi modern tersebut tetap bisa digunakan sepanjang masa.

0 Response to "Keunggulan Memanen Padi Menggunakan Mesin Teknologi Modern"

Post a Comment