Defenisi Tanaman Penutup Tanah

Dasar Pertanian - Tanaman Penutup Tanah adalah salah satu tanaman atau tumbuhan yang ditanam khusus untuk melindungi tanah dari ancaman rusaknya sifat kimia tanah atau erosi tanah. Tanaman khusus untuk menutupi tanah ini sangat efektif di fungsikan pada lahan yang memiliki tekstur tanah keras. Tanaman penutup tanah ini juga memiliki sifat melindungi tanah dari polusi tanah, dan juga dapat membuat tanah menjadi subur. Tanaman ini sering digunakan pada lahan sawit maupun karet.

Manfaat dari tanaman penutup tanah ini sangat banyak, berikut ini beberapa manfaat dari tanaman penutup tanah yang berhasil admin rangkum dari sumber wikipedia.

Defenisi Tanaman Penutup Tanah
Kacang-kacangan/salah satu contoh gambar tanaman penutup tanah ( Foto Original dasar-pertanian )

Tanaman penutup tanah berperan sebagai :

  1. Mengurangi dan menahan daya perusak butir-butir hujan yang jatuh serta aliran air pada permukaan tanah.
  2. Dapat menambah bahan organik tanah, misalnya daun tanaman penutup tanah tersebut mati dan jatuh ke tanah, atau ranting dan batang yang mati sehingga menjadi busuk dan menambah unsur hara yang baik bagi tanah.
  3. Dapat melakukan transpirasi, maksudnya tanaman ini berperan mencegah berkurangnya kandungan air tanah.
  4. Menekan pertumbuhan gulma/rumput liar, dengan adanya tanaman ini akan meminimalisir pertumbuhan gulma pada tanaman
Tanaman penutup tanah ini sangat mudah dikembangkan dan juga mudah untuk dibasmi. Rata-rata sistem pertumbuhan tanaman ini menjalar. Jenis-jenis tanaman penutup tanah ini juga sangat banyak, contohnya rumput gajah, kacang-kacangan, dan lain sebagainya.
Baca juga : Jenis-jenis Tanaman Penutup Tanah

Demikian sedikit penjelasan tentang Defenisi Tanaman Penutup Tanah, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan serta pengetahuan anda semua.

0 Response to "Defenisi Tanaman Penutup Tanah"

Post a Comment