Inilah Ciri-Ciri Sawit Kurang Pupuk

Dasar Pertanian - Pupuk merupakan nutrisi penting bagi tanaman, seperti halnya tanaman kelapa sawit. Sawit yang baik adalah tanaman sawit yang dapat menghasilkan buah unggul, besar dan berkualitas. Bobot sawit juga berat dan padat sehingga jika ditimbang akan puas kita melihatnya. Namun untuk memiliki sawit yang unggul dan berkualitas tidaklah mudah, perlu kerja keras, perawatan juga ekstra, terutama pada saat pemupukan kelapa sawit. seperti yang sudah admin katakan bahwa pupuk adalah nutrisi penting bagi tanaman sawit, jadi jika anda ingin sawit anda bagus dan dapat berbuah maksimal, maka pupuklah sawit dengan teratur. Jika tanaman sawit kurang pupuk akan mempengaruhi kualitas buah. Ciri-ciri sawit yang kurang pupuk bisa dilihat dari berntuk fisik, terutama pada daunnya.

Ciri-ciri sawit yang kurang pupuk bisa anda lihat pada bentuk daun, warna daun, dan juga dapat kita lihat pada kualitas buah sawit. Untuk mengetahui lebih jauh apa saja ciri-ciri sawit yang kurang pupuk, berikut ini dasar-pertanian akan membahasnya secara singkat.

Ciri-Ciri Sawit Kurang Pupuk

Ciri-Ciri Sawit Kurang Pupuk


1. Daun

Salah satu tanda sawit kurang pupuk adalah dapat dilihat dari daunnya. Biasanya sawit yang kurang pupuk sangat jelas perbedaanya terutama wara daun.

a. Gejala kekurangan unsur hara Kalium (K)
Sawit yang kekurangan unsur hara Kalium akan terlihat daunnya berwarna agak kemerahan dan berangsur-angsur mengering. Pada mulanya gejala berupa bintik-bintik berwarna kuning kemerahan, jika dibiarkan akan menyebar dan menyebabkan daun sawit mengering.

b. Gejala kekurangan unsur hara Nitrogen (N)
Gejala kekurangan unsur hara Nitrogen pada tanaman sawit akan menyebabkan daun sawit menguning. Jika anda mennjumpai daun sawit menguning, maka bisa dipastikan sawit anda kekurangan unsur hara Nitrogen.
Baca juga : Faktor Penyebab Daun Sawit Menguning dan Cara Mengatasinya

2. Pertumbuhan tanaman tidak normal

Ciri-ciri sawit kurang pupuk selanjutya dapat dilihat dari pertumbuhan sawit yang tidak normal. Salah satu contoh sawit yang kekurangan unsur Boron (B3+) adalah daun akan tumbuh pendek dan bengkok, ujung pelepah melingkar dan bagian ujung pelepah muda memiliki daun yang kecil.

3. Buah jarang dan cendrung kecil

Ciri-ciri sawit kurang pupuk selanjutnya adalah jelas dilihat dari bentuk buahnya. Sawit kurang pupuk biasanya memiliki ukurang yang kecil dan buahnya pun jarang-jarang.

Itulah beberapa Ciri-Ciri Sawit Kurang Pupuk yang dapat admin bagikan, semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda semua. Jangan lupa untuk terus mengunjungi blog ini agar mendapatkan artikel terbaru lainnya.

2 Responses to "Inilah Ciri-Ciri Sawit Kurang Pupuk"

  1. Z sudah memupuknya sekitar 2 bulan yang lalu tpi buahx,blm juga kmbali normal sperti biasanya,yang besar masaknya merata..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Reaksi pupuk tidak secepat itu, butuh proses, apalagi jika sawitnya jarang dipupuk atau bahkan tidak pernah dipupuk. Jadi saran admin adalah jangan telat pemupukan.

      Delete