Inilah Tips Memilih Benih Bawang Merah Yang Baik dan Benar

Dasar Pertanian - Dalam budidaya bawang merah, pemilihan bibit atau benih adalah faktor penentu keberhasilan kita. Karena bibit yang baik dan berkualitas akan menghasilkan bawang merah yang unggul dan berkualitas pula, begitu juga sebaliknya, jika pemilihan bibit bawang merah tidak tepat maka hasil panen bawang merah juga tidak bagus. Bawang merah (Allium ascalonicum) adalah tanaman rempah berbentuk umbi yang digunakan sebagai bumbu dapur atau bumbu masakan. Kebutuhan akan bawang merah ini setiap hari semakin meningkat, maka dari itu diperlukan pasokan bawang merah yang banyak. Selama ini banyak pasokan bawang merah impor dari luar negeri karena stok bawang merah dalam negeri berkurang. Sebenarnya ini peluang buat anda yang mau tekun dalam membudidayakan bawang merah mengingat kebutahan bawang merah yang semakin meningkat.

Dalam membudidayakan bawang merah diperlukan kerja keras dan juga pengetahuan tentang bagaimana cara budidaya bawang merah yang baik dan benar. Jadi menanam bawang merah ini tidak boleh sembarang tanam, kalau asal tanam saja hasilnya tentu saja tidak baik. Untuk lebih mendalami ilmu tentang budidaya bawang merah, di perlukan panduan lengkap budidaya bawang merah.
Silahkan baca : Panduan Lengkap Budidaya Bawang Merah Cepat Suskes

Seperti yang admin katakan di awal paragraf tadi bahwa kunci sukses budidaya bawang salah satunya terletak pada pemilihan benih bawang merah, jika pemilihan bibit bawang merah dilakukan dengan benar, maka hasilnya akan baik, begitu pula sebaliknya. Berikut ini merupakan beberapa Tips Memilih Benih Bawang Merah Yang Baik dan Benar.

Tips Memilih Benih Bawang Merah Yang Baik dan Benar

Tips Memilih Benih Bawang Merah Yang Baik dan Benar


Benih atau bibit bawang merah yang baik dan berkualitas adalah bibit yang berasal dari biji atau umbi tua bawang merah. Jika anda memilih benih bawang merah dari biji atau umbinya, perhatikan hal-hal berikut ini:
  • Ukuran biji sedang ( tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil)
  • Warna biji merah tua mengkilap
  • Biji bawang merah tidak cacat, bagus dan sempurna
  • Biji bawang merah telah tersimpan setidaknya 2-3 bulan
Dengan memilih benih bawang merah secara tepat, akan membuat tanaman bawang merah tumbuh sempurna, namun untuk mendapatkan keberhasilan atau kesuksesan dalam budidaya bawnag merah tidak cukup pada pemilihan benih saja, melainkan harus terpenuhi komponen lainnya, seperti halnya pemeliharaan tanaman. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Inilah Tips Memilih Benih Bawang Merah Yang Baik dan Benar"

Post a Comment