Inilah Tips Menanam Buah Kelengkeng Agar Berhasil

Dasar Pertanian - Selamat datang kembali di blog dasar pertanian ini sobat tani semua. Pada kesempatan kali ini admin akan membahas tentang bagaimana tips dalam menanam buah kelengkeng agar berhasil. Sebenarnya cara menanam buah kelengkeng itu cukup mudah sekali sob, namun untuk mendapatkan hasil yang memuaskan anda perlu melakukan hal-hal berikut ini yang akan admin bagikan. Hal apa saja yang perlu dilakukan agar kita bisa memiliki tanaman buah kelengkeng dan dapat berbuah dengan baik dan berkualitas?

Sebelum kita bahas tentang tips menanam buah kelengkeng yang baik dan benar, sangat perlu dipahami terlebih dahulu apa itu buah kelengkeng. Buah kelengkeng adalah buah yang sangat nikmat dan memiliki ciri khas yaitu rasa yang hampir mirip dengan buah rambutan. tapi untuk masalah rasa sebenarnya bergantung pada jenis atau varietas yang kita tanam, ada kelengkeng rasa durian, ada kelengkeng itoh, dan lain-lain. Di Indonesia sendiri buah kelengkeng sangat banyak digemari masyarakat, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Salah satu jenis varietas kelengkeng super yang sangat saya sukai adalah kelengkeng itoh. Apakah anda tahu kelengkeng itoh dan bagaimana cara membudidayakan kelengkeng itoh tersebut.
Silahkan baca : Tips Budidaya Kelengkeng Itoh Super Agar Berhasil

Nah anda sekarang sudah tahu bagaimana cara menanam kelengkeng itoh super bukan? tapi yangmenjadi pertanyaan adalah apakah bibit yang kita tanam itu benar kelengkeng itoh atau bukan? Apakah ada ciri khusus kelengkeng itoh yang bisa kita lihat agar tidak salah memilih bibitnya?
Baca juga : Inilah Ciri-ciri Kelengkeng Itoh Super

Oke masuk kita pada inti artikel ini yaitu bagaimana cara menanam buah kelengkeng agar berhasil. Sebenarnya cara menanam bibit kelengkeng ini mudah jika anda tahu tehniknya. Berikut ini akan admin bagikan tips menanam kelengkeng yang baik dan benar.

Tips Menanam Buah Kelengkeng Agar Berhasil


1. Persiapkan lahan

Sebelum menanam bibit kelengkeng anda perlu mempersiapkan lahan yang akan digunakan untuk menanam kelengkeng. lahan yang bagus untuk menanam buah kelengkeng adalah lahan yang subur dan memiliki unsur hara baik.

2. Buat lubang tanam

Setelah itu anda buat lubang tanam kira-kira sedalam 30-60 cm, tapi kedalaman lubang sebenarnya tergantung pada usia bibit kelengkeng. Setelah lubang tanam siap, silahkan anda masukkan pupuk dasar, kalau saya biasa menggunakan pupuk kandang yang sudah kering.

3. Tahap menanam bibit

Setelah itu anda tanamkan bibit kelengkeng kedalam lubang tanam, jangan lupa membuang polybag jika bibit berasal dari polybag. Lalu timbun dengan tanah bercampur pupuk. Setelah itu anda bisa meletakkan ban bekas yang sudah dipotong, gambarnya bisa anda lihat pada foto dibawah ini nanti. Tujuan memberikan ban bekas untuk mengelilingi tanaman supaya aman.

Tips Menanam Buah Kelengkeng Agar Berhasil

4. Tahap perawatan

Kunci sukses budidaya kelengkeng terletak juga pada perawatan yang kita lakukan. Tehnik perawatan buah kelengkeng ini meliputi pemupukan, penyiraman, penanggulangan hama dan peyakit, pemangkasan, pendangiran dan lain sebagainya.

Itulah beberapa tahap dalam menanam buah kelengkeng agar berhasil, semoga artikel ini bermanfaat dan menambah ilmu serta wawasan anda semua. Jangan lupa untuk mengunjungi lagi blog ini untuk mendapatkan update artikel terbaru.

0 Response to "Inilah Tips Menanam Buah Kelengkeng Agar Berhasil"

Post a Comment