Manfaat Pendangiran dan Penyiangan Terhadap Tanaman Jagung

Dasar Pertanian - Budidaya jagung merupakan salah satu budidaya tanaman yang mudah untuk dilakukan oleh siapa saja. Tanaman jagung tidak memerlukan kerja keras seperti budidaya tanaman lainnya. Benih jagung juga mudah tumbuh terutama pada lahan yang subur dan gembur. Tapi jika kondisi tanah keras dan padat, maka pertumbuhan tanaman jagung tidak akan maksimal. Salah satu cara yang dapat dilakuakn agar produktivitas tanaman jagung meningkat adalah dengan melakukan perawatan secara intensif. Perawatan jagung salah satunya adalah kita melakukan pendangiran dan penyiangan.

Apa itu penyiangan dan pendangiran? Penyiangan dan pendangiran merupakan kegiatan penting guna mendongkrak produktivitas tanaman. Karena penyiangan dan pendangiran berfungsi untuk menyuburkan tanah dan mengendalikan gulma tanaman. Untuk lebih jelas tentang apa itu pengertian pendangiran dan penyiangan, anda bisa pelajari pada artikel yang sudah admin posting sebelumnya.
Baca disini : Pengertian Penyiangan dan Pendangiran dalam Budidaya Tanaman

Begitu juga dengan tanaman jagung, membutuhkan pendangiran dan penyiangan seperti tanaman lainnya. Lalu apa Manfaat Pendangiran dan Penyiangan Terhadap Tanaman Jagung yang kita budidayakan? Berikut penjelasannya.

Manfaat Pendangiran dan Penyiangan Terhadap Tanaman Jagung
Tanaman jagung terlihat subur ( Foto pribadi dasar-pertanian )

Manfaat Pendangiran dan Penyiangan Terhadap Tanaman jagung


1. Dapat meningkatkan produktivitas tanaman

Manfaat pendangiran dan penyiangan yang pertama adalah dapat meningkatkan prouktivitas tanaman. Bahkan jika pendangiran dan penyiangan dilakukan dengan benar akan meningkatkan produktivitas tanaman 2 kali lipat.

2. Menggemburkan tanah

Pendangiran adalah penggemburan tanah, jadi dengan melakukan pendangiran terhadap tanaman jelas membuat tanah menjadi gembur, kalau tanah gembur otomatis tanaman menjadi subur.

3.Mencegah tumbuhnya gulma

Manfaat pendangiran dan penyiangan pada tanaman jagung juga dapat mencegah agar gulma tidak tumbuh.

Itulah beberapa Manfaat Pendangiran dan Penyiangan Terhadap Tanaman Jagung, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda semua.

0 Response to "Manfaat Pendangiran dan Penyiangan Terhadap Tanaman Jagung"

Post a Comment