Cara Panen dan Penanganan Pasca Panen Kedelai Yang Baik dan Benar

Dasar Pertanian - Panen dan pasca panen merupakan salah satu hal yang menentukan produktivitas kedelai, jika penanganan panen dan pasca panen dilakukan dengan benar, maka hasil budidaya kedelai yang kita lakukan selama ini sudah berhasil, begitu juga sebaliknya jika penanganan panen dan pasca panen kedelai tidak tepat, akan berdampak buruk pada hasil produksi kedelai. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penanganan panen dan pasca panen kedelai, diantaranya usia panen, tehnik penjemuran, pembersihan biji hingga cara penyimpanan kedelai.

Cara Panen dan Penanganan Pasca Panen Kedelai Yang Baik dan Benar


1. Panen

a. Ciri-ciri tanaman kedelai yang sudah dapat dipanen

Panen kedelai sudah dapat dilakukan jika tanaman mulai menguning hampir seluruhnya, namun kuning pertanda panen ini bukan kuning karena serangan hama atau faktor penyakit, tetapi kuning yang memang sudah umurnya kedelai untuk dipanen. Jika tanaman kedelai anda sudah menguning, daun sudah berubah warna dan polong juga sudah berubah kecoklatan, maka itu merupakan ciri-ciri tanaman kedelai siap dipanen. Atau jika anda kurang yakin maka bisa menghitung dari umur kedelai, adapun umur kedelai sudah dapat dipanen yaitu sekitar 75-110 hari pasca tanam.

b. Cara panen kedelai

Setelah kedelai siap untuk dipanen, maka cara memanen kedelai juga ada tehniknya, bukan asal pungut saja. Panen kedelai sebaiknya pada saat terang atau panas dan tidak hujan agar hasilnya dapat segera dijemur. Cara memanen kedelai bisa dengan mencabut maupun memotong nya menggunakan alat seperti sabit dan lainnya.

2. Pasca panen

Setelah panen kedelai selesai dilakukan, anda harus menerapkan beberapa hal berikut ini pasca panen kedelai. Apap saja hal yang dilakukan pasca panen kedelai?

a. Pengeringan

Keringkan kedelai yang sudah dipanen pada terik matahari kurang lebih 3 hari. Setelah benar-benar kering, maka kulit atau polong kedelai akan mudah pecah dan bijinya mudah dikeluarkan.

b. Melakukan penyortiran

Penyortiran kedelai bertujuan untuk mendapatkan biji kedelai terbaik, adapun cara menyrotir biji kedelai bisa menggunakan alat tradisional maupun menggunakan mesin.Intinya penyortiran ini supaya biji kedelai yang bagus bisa dipisahkan dari biji yang tidak bagus.

c. Penyimpanan

Jika sortir sudah dilakukan, maka tahap selanjutnya adalah menyimpan biji-biji kedelai tersebut. Jika kedelai akan digunakan dalam jangka waktu yang lama, maka sekali 2-3 bulan kita harus menjemurnya lagi. Simpan biji kedelai dalam karung dan letakkkan pada tempat yang kering.

Itulah beberapa Cara Panen dan Penanganan Pasca Panen Kedelai Yang baik dan Benar, semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Panen dan Penanganan Pasca Panen Kedelai Yang Baik dan Benar"

Post a Comment