Cara Pemupukan Tanaman Kedelai Yang Baik dan Benar

Dasar Pertanian - Pemupukan tanaman adalah hal penting yang wajib kita lakukan jika kita ingin sukses dalam budidaya tanaman. Seperti hal nya tanaman kedelai juga akan bagus hasil panennya apabila di pupuk dengan cara yang benar dan terjadwal. Sebenarnya tujuan dari pemupukan tanaman ini adalah untuk menyuburkan tanah dan tanaman, menambah unsur hara pada tanah sehingga jika hara pada tanah terjaga dengan baik akan membuat tanaman menjadi subur. Jika tanaman subur otomatis hasil panen akan bagus. Adapun cara memupuk tanaman kedelai ini sebenarnya cukup mudah simpel, namun terkadang banyak petani yang menganggap enteng masalah pemupukan kedelai ini.

Meskipun terlihat mudah dan sepele, cara pemupukan kedelai harus benar-benar tepat, terlebih jenis pupuk dan dosis yang diberikan pada tanaman kedelai. Jenis pupuk yang bagus untuk tanaman kedelai sangat beragam, anda bisa memilih dan menentukan sendiri. Biasanya kami sering menggunakan jenis pupuk berikut ini:

Cara Pemupukan Tanaman Kedelai Yang Baik dan Benar


Jenis pupuk an organik

1. SP-36
2. NPK
3. Urea

Jenis pupuk organik

1. Bioboost
2. Kompos/pupuk kandang


Cara Pemupukan Tanaman Kedelai Yang Baik dan Benar


Cara memberikan pupuk pada tanaman kedelai ini sebenarnya mudah saja, kita dapat menebar atau menyebar pupuk secara merata pada lahan yang ditanami kedelai. Atau bisa dengan sistem larik, sistem lubang, dan sebagainya. Apapun cara yang kita gunakan dalam pemupukan, hal yang paling penting adalah dosis pemupukan harus tepat, tidak kurang dan tidak pula berlebihan.

Akibat tanaman kedelai yang kurang pupuk antara lain tanaman tidak akan produktif, hasil buah/polong kedelai tidak padat, banyak polong yang tidak sempurna, sehingga hasil penan kurang maksimal.

Waktu yang tepat dalam pemupukan kedelai


  1. Pemupukan diberikan pada saat usia kedelai sekitar 3-5 hari pasca tanam
  2. Pemupukan sebaiknya dilakukan dengan cara sistem tugal atau meletakan pupuk di sekitar lubang tanaman dengan jarak antara 7-10 cm
  3. Untuk dosis pupuk yang diberikan yaitu 2/3 dosis pupuk yang mengandung unsur N dan K, sedangkan pupuk dengan unsur P diberikan seluruhnya pada waktu pemupukan dasar
  4. Kapasitas jumlah pupuk disesuaikan pada tingkat kesuburan tanah


Untuk pemupukan susulan


  1. Berikan pupuk pada saat tanaman berumur skitar 20-30 hari pasca tanam, atau tepatnya menjelang kedelai berbunga
  2. Taburkan pupuk di sekeliling tanaman kedelai dengan jarak sekitar 10 cm
  3. Dosis pupuk susulan yang dapat diberikan adalah 1/3 dosis N dan K.

Itulah beberapa Cara Pemupukan Tanaman Kedelai Yang Baik dan Benar, mudah-mudahan informasi singkat ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda semua.

0 Response to "Cara Pemupukan Tanaman Kedelai Yang Baik dan Benar"

Post a Comment