Metode Pemupukan Semangka Yang Baik dan Benar ( Menggunakan Sistem Kocor )

Dasar Pertanian - Budidaya buah semangka memang dapat menjanjikan kita keuntungan yang besar apabila dilakukan dengan sungguh-sungguh dan serius. Karena semangka adalah buah yang segar dan banyak di minati semua kalangan. Terlebih jika musim panas, maka di toko buah pasti laris pembeli mencari buah semangka segar. Selain memiliki rasa yang manis dan segar, buah ini dapat memberikan kita keuntungan lho jika kita mau membudidayakannya. Apakah menanam semangka itu mudah? Ya menanam semangka tidaklah sulit, yang sulit adalah bagaimana merawat tanaman semangka yang sudah ditanam tersebut agar bisa berbuah secara maksimal.

Cara menanam semangka banyak metode yang bisa kita lakukan, salah satunya adalah menanam semangka menggunakan plastik mulsa. Keunggulan menanam buah semangka menggunakan metode mulsa sangat besar sekali. Pada postingan terdahulu admin sudah menjelaskan informasi tentang apa saja keunggulan menanam buah semangka dengan plastik mulsa.
Silahkan baca disini : Keunggulah Menanam Buah Semangka Menggunakan Metode Mulsa

Salah satu kunci sukses dalam budidaya buah semangka yaitu terletak pada bagaimana cara kita memberikan nutrisi atau pupuk ke tanaman tersebut. Pupuk sangat mempengaruhi kualitas dan hasil panen buah semangka yang kita tanam. Jika tanaman tidak pernah diberi pupuk, maka hasilnya jelas akan minim, bahkan bisa jadi tidak produktif. Tapi jika tanaman diberi pupuk dengan rutin dan terjadwal, maka besar kemungkinan tanaman akan berbuah maksimal. Namun metode pemupukan buah semangka harus dilakukan dengan baik dan benar.

Metode Pemupukan Semangka Yang Baik dan Benar ( Menggunakan Sistem Kocor )
Pemupukan semangka dengan sistem kocor ( foto original dasar-pertanian )


Metode Pemupukan Semangka Yang Baik dan Benar ( Menggunakan Sistem Kocor )


Adapun metode pemupukan buah semangka yang akan admin bagikan ini adalah menggunakan sistem kocor. Maksudnya adalah pupuk yang kita gunakan dalam pemupukan adalah pupuk padat yang kemudian dicairkan. Meskipun diluar sana banyak tersedia pupuk cair berkualitas, namun mengingat harganya mungkin terbilang mahal, jadi kita bisa membuat sendiri pupuk cair secara praktis dan murah. Nah bahan yang digunakan dalam metode pemupukan ini adalah pupuk mutiara. Apakah ada cara membuat pupuk cair atau pupuk kocor secara alami? Tentu saja ada dan anda bisa mempelajarinya dalam artikel yang ada pada link dibawah ini.
Silahkan baca : Cara Membuat Pupuk Kocor Secara Alami ( Organik )

Pupuk mutiara ini sangat bagus sekali untuk perkembangan tanaman, apalagi tanaman jenis buah semangka yang berumur pendek. Biasa petani memberikan pupuk mutiara dengan menaburkan di setiap pangkal tanaman. Namun agar pupuk mutiara mudah larut dan cepat meresap, anda bisa mengkocornya, yaitu dengan melarutkan pupuk mutiara pada air.

Cara memupuknya adalah dengan mengkocor atau menyiramkan pada setiap pangkal tanaman buah semangka. Lakukan pemupukan dengan terjadwal dan sesuaikan takaran atau dosis yang paling tepat. Mudah-mudahan sedikit informasi ini bermanfaat dan dapat menambah ilmu serta wawasan anda semua.

0 Response to "Metode Pemupukan Semangka Yang Baik dan Benar ( Menggunakan Sistem Kocor )"

Post a Comment