Pemberian Pupuk Susulan Pada Tanaman Semangka Untuk Meningkatkan Hasil Panen


Dasar Pertanian - Pemupukan tanaman merupakan hal penting untuk mendorong dan mendongkrak kualitas hasil panen. Begitu juga pada tanaman semangka, pupuk menjadi faktor yang menjadi penentu kualitas buah semangka. Pemberian pupuk pada tanaman semangka juga perlu diperhatikan, jarak pemupukan dan dosis pemupukan. Ada tahap-tahap dalam pemupukan, seperti pemupukan dasar dan pemupukan susulan. Kalau pemupukan dasar pada tanaman semangka itu menjadi pupuk awal sebelum bibit semangka ditanam. Sedangkan pupuk susulan itu merupakan pupuk yang kita berikan setelah tanaman semangka ditanamkan.

Lalau apa saja pupuk susulan yang dapat kita gunakan sebagai pendongkrak hasil buah semangka? Sebenarnya ada banyak jenis pupuk susulan yang bagus untuk tanaman semangka. Berikut ini merupakan beberapa jenis pupuk susulan yang sering digunakan petani profesional dalam membudidayakan buah semangka, sehingga hasil panen buah semangka menjadi berkualitas.

Pemberian Pupuk Susulan Pada Tanaman Semangka Untuk Meningkatkan Hasil Panen
Pemberian pupuk susulan pada tanaman semangka ( foto original dasar-pertanian )


1. Pupuk NPK

Manfaat pupuk NPK sangat besar sekali bagi tanam sejenis semangka ini. Sebagai contohnya adalah NPK 16-16-16 yang banyak digunakan petani untuk memupuk tahap susulan pertama. Berikan pupuk NPK yang sudah dicairkan terlebih dahulu dengan dosis sekitar 5 gr/tanaman dilarutkan pada air 300 ml. Kocorkan pada pangkal batang tanaman buah semangka yang sudah berumur 10 hari pasca tanam.


2. Pupuk ZA

Setelah itu selang seminggu pasca anda berikan pupuk NPK, pupuk kembali dengan ZA dengan dosis 10 gr/tanaman yang juga dilarutkan pada air sekitar 400 ml. Kemudian kocorkan pada pangkal tanaman semangka.


3. Pupuk TSP dan KCL

Setelah itu berikan pula pupuk TSP dan KCL setelah tanaman berumur 20-30 hari. Anda juga bisa mengulangi pemberian pupuk dengan tahap berlanjut seperti pada tahap pertama, yang penting diberikan jarak pada setiap pemberian pupuk susulan. 

Jika anda menerapkan metode pemupukan ini, maka hasil panen buah semangka yang anda tanam akan menghasilkan buah berkualitas. Selamat mencoba semoga berhasil.

0 Response to "Pemberian Pupuk Susulan Pada Tanaman Semangka Untuk Meningkatkan Hasil Panen"

Post a Comment