Tips Menanam Semangka Di Musim Penghujan

Dasar Pertanian - Menanam buah semangka pada saat musim penghujan bisa di katakan gampang-gampang susah. Kenapa saya katakan begitu? Karena pada musim penghujan, intensitas air akan meningkat dan berlebih, sehingga kebutuhan air pada tanaman semangka bisa saja berlebihan. Jika tanah dalam kondisi lembab secara terus menerus, tentu hal ini dapat mengakibatkan tanaman bisa menjadi busuk, terutama jika tanaman semangka sudah mulai berbuah. Jadi apabila tiba musim hujan, apa beberapa tips yang dapat kita lakukan jika ingin menanam buah semangka dan berhasil.

Pada dasarnya tanaman semangka ini tidaklah sulit untuk dilakukan pengembangan, asal kita tahu bagaiamana tips dalam merawatnya, maka anda akan dapat panen buah semangka. Nah lalu bagaimana caranya menanam buah semangka pada saat musim penghujan? Jika musim kemarau mungkin masalahnya hanya debet air yang berkurang dan itu bisa kita atasi dengan melakukan penyiraman secara rutin. Terus bagaimana dengan musim penghujan? Apa tips menanam semangka di musim penghujan agar kita bisa berhasil? Berikut penjelasan ringkasnya.

Tips Menanam Semangka Di Musim Penghujan


Tips Menanam Semangka Di Musim Penghujan


1. Menggunakan plastik mulsa

Budidaya tanaman semusim dengan metode mulsa merupakan alternatif terbaik yang dapat kita lakukan untuk menunjang suksesnya kita dalam budidaya tanaman. Baik pada musim kemarau maupun musim hujan, penggunaan plastik mulsa pada tanaman semangka sangat membantu sekali. Terlebih jika musim hujan tiba, maka manfaat plastik mulsa dapat mengatur tingkat atau kadar air tanah. Setidaknya dengan adanya plastik mulsa yang menutupi lahan atau bedengan, air hujan tidak sepenuhnya mengguyur tanah secara langsung.


2. Membuat bedengan


Manfaat pembuatan bedengan ini salah satunya adalah meminimalisir terjadinya banjir lokasi akibat hujan. Jika dalam menanam buah semangka tidak dibuat bedengan, dalam arti bibit semangka ditanam ditanah datar yang tidak di buat gundukan/bedengan, maka jika musim hujan tiba air akan merendam seluruh tanaman semangka. Hal ini berbeda jika kita menanam semangka dengan membuat bedengan, sekurang-kurangnya tanaman bisa lebih tinggi dan pada saat pembuatan bedengan tentu di kanan dan kiri bedengan ada parit kecil yang fungsinya untuk mengairkan air.


3. Waspada terhadap serangan hama dan penyakit

Pada saat musim hujan tiba, biasa hama dan penyakit akan jauh lebih mudah menyerang tanaman. Jadi salah satu cara menanam semangka pada musim hujan adalah dengan mewaspadai serangan hama dan penyakit, atau kalau bisa secepatnya kita cegah.

Itulah beberapa Tips Menanam Semangka Di Musim Penghujan, mudah-mudahan artikel singkat ini dapat memberikan manfaat pada pembaca semua.

0 Response to "Tips Menanam Semangka Di Musim Penghujan"

Post a Comment