Inilah Jenis Hama dan Penyakit Pada Tanaman Sengon Yang Perlu Anda Tahu

Dasar Pertanian - Tanaman sengon atau albasia adalah sejenis tanaman penghasil kayu yang dapat tumbuh di daerah tropis. Pohon sengon ini tumbuh tinggi dan lurus sehingga banyaj digunakan kayunya untuk berbagai maca properti. Selain itu manfaat tanaman sengon ini juga bisa digunakan sebagai tanaman peneduh dan membuat suasana sekitar menjadi rindang. Namun dalam proses penanaman, ada beberapa kendala yang pasti dihadapi, salah satunya adalah serangan hama dan penyakit. Apa saja jenis hama dan penyakit pada tanaman sengon yang sering menjadi pengganggu? Nah pada postingan kali ini dasar-pertanian akan membahasnya secara singkat.

Sebelum kita membasmi hama dan penyakit pada tanaman sengon, tentu yang harus kita lakukan adalah mengenali terlebih dahulu jenis-jenis hama dan penyakit pada tanaman sengon. Berikut ini adalah hama dan penyakit yang paling sering mengganggu tanaman sengon.

Jenis Hama dan Penyakit Pada Tanaman Sengon


Jenis Hama dan Penyakit Pada Tanaman Sengon


1. Hama Boktor ( Xystrocera festiva )

Jenis hama ini bernama boktor atau biasa juga disebut kumbang, yang mana kumbang boktor ini sering kali menyerang tanaman sengon pada saat tanaman berumur sekitar 3 tahun. Akibat serangan boktor ini dapat mengakibatkan batang sengon menjadi rapuh dan lama-lama mati. Ciri-ciri batang kayu sengon terserang boktor adalah adanya serbuk halus yang menempel pada bagian permukaan kulit batang sengon. Lubang kecil pada batang kayu merupakan tempat larva bersarang dan jika dibiarkan lama-lama akan merusak batang tanamans sengon.

Cara pengendalian hama boktor pada tanaman sengon ini dapat dilakukan dengan beberapa tahap:
  1. Menangkap secara langsung kumbang boktornya
  2. Memusnahkan seluruh larva yang ada pada batang tanaman
  3. Menyayat bagian kulit batang sengon yang terkena hama boktor.

2. Penyakit pada tanaman sengon

  • Jamur upas

Jamur upas adalah sejenis jamur kulit kayu yang ganas, jika tanaman sudah terserang jamus upas ini akan mengalami pecah kulit dan lama-lama mengelupas. Cara pengendalian jamur upas pada tanaman sengon adalah dengan memusnahkan seluruh jamur dan juga mengoleskan obat khusus jamur pada kulit tanaman.

  • Penyakit karat tumor

Jenis penyakit tanaman sengon yang selanjutnya adalah karat tumor yang juga penyebab awalnya adalah jamur. Penyakit ini dapat berdampak buruk pada daun tanaman, batang tanaman. Cara pengendalian penyakit karat tumor pada pohon sengon bisa dengan memotong bagian tanaman yang terkena saja.

Itulah beberapa Jenis Hama dan Penyakit Pada Tanaman Sengon yang dapat admin bagikan, mudah-mudahan bermanfaat dan menambah wawasan anda semua.

0 Response to "Inilah Jenis Hama dan Penyakit Pada Tanaman Sengon Yang Perlu Anda Tahu"

Post a Comment