Inilah Jenis-Jenis Pohon Sengon Yang Perlu Anda Tahu

Dasar Pertanian - Sengon ( Albizia chinensis ) adalah salah satu jenis tanaman keras yang menghasilkan kayu dan juga digunakan sebagai tanaman peneduh. Pohon sengon ini termasuk salah satu tanaman yang tergolong keluarga suku Fabaceae. Dengan bentuk pohonnya yang lurus dan padat, membuta tanaman ini memiliki nilai jual yang cukup tinggi dan banyak digunakan pada produksi kayu di Indonesia. Untuk membudidayakan pohon sengon, kita harus tahu dulu morfologinya sehingga kita tidak salah langkah dalam melakukan perawatan pohon sengon. Di Indonesia sendiri ada banyak jenis-jenis sengon yang sering ditanam oleh masyarakat.

Bagi anda yang ingin menanam dan membudidayakan pohon sengon atau albasia ini, tidak ada salahnya anda membaca artikel yang sudah admin buat tentang cara menanam pohon albasia/sengon yang baik dan benar. Sehingga ada sedikit wawasan yang anda dapatkan disini.

Baca juga : Cara Menanam Pohon Sengon ( Albasia ) Yang Baik dan Benar

Seperti yang sudah admin katakan diawal tadi bahwa jenis-jenis pohon sengon ini cukup banyak, maka dari itu pada kesempatan kali ini dasar-pertanian akan mencoba menuliskan beberapa jenis tanaman sengon/albasia yang sering dibudidayakan di Indonesia.

Jenis-Jenis Pohon Sengon

Jenis-Jenis Pohon Sengon


1. Sengon Buto (Enterolobium cyclocarpum)

Jenis sengon yang pertama adalah sengon buto atau sengon merah. Sengon buto ini merupakan jenis sengon yang memiliki pertumbuhan sangat cepat bila dibanding jenis sengon lainnya. Ciri ciri sengon buto atau sengon merah yaitu memiliki tekstur yang lebih kasar pada bagian kulitnya atau bisa dikatakan agak bersisik dan berbeda dari jenis lainnya. Sedangkan warna kulit batangnya kemerah-merahan dan rata-rata bentuk fisik dari sengon buto ini besar. Makanya kenapa dikatakan sengon buto ( dalam bahasa jawa buto itu memiliki tubuh yang besar ). Ciri pohon sengon buto yang lain adalah kayunya yang gampang patah, mungkin ini kelemahan sengon buto dari pada sengon lainnya.


2. Sengon Laut (Paraserianthes falcataria)

Jenis sengon yang kedua adalah sengon laut atau biasa di sebut masyarakat dengan nama-nama daereh yang berbeda-beda. Seperti jeungjing laut, salawaku, salawaku merah, dan lain-lain. Ciri-ciri sengon laut adalah memiliki warna putih kecoklatan, hampir seperti daging pucat. Ciri tekstur agak kasar dan memiliki serat lurus. Pada bagian permukaan kayu agak licin dan mengkilap, dan aromanya jika masih segar seperti bau petai.


3. Sengon Solomon

Jenis sengon yang selannjutnya adalah sengon solomon, wah nama-nama sengon ternyata cukup unik yaa..ada sengon solomon segala. Tapi memang benar ada jenis sengon solomon yang mana ciri-ciri sengon solomon ini adalah memiliki tinggi mencapai 40 meter. 


4. Sengon Tekek

Jenis sengon selanjutnya bernama sengon tekek, kok disebut sengon tekek kenapa ya. Apa karena bentuk permukaan kulitnya yang mirip dengan kulit tokek. Dalam bahasa jawa tokek adalah tekek, jadi mungkin inilah sebabnya kenapa sengon ini dikatakan sengon tekek. Sengon tekek ini merupakan jenis sengon yang banyak digunakan dalam pembuatan kertas dan triplek.

Itulah Jenis-Jenis Pohon Sengon yang dapat admin bagikan , mudah-mudahan bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda semua.

0 Response to "Inilah Jenis-Jenis Pohon Sengon Yang Perlu Anda Tahu"

Post a Comment