Jadwal Penyiraman Tanaman Cabai Yang Paling Tepat

Dasar Pertanian - Menanam atau membudidayakan tanaman cabai memang harus dilakukan dengan serius dan telaten. Jika tidak maka percuma saja kita menanam cabai, karena tanaman cabai yang tidak dirawat dengan baik tidak akan menghasilkan buah cabai yang berkualitas. Jangankan menghasilkan cabai berkualitas, untuk berbuah saja mungkin sangat sulit sekali. Tanaman cabai yang tidak pernah dirawat biasanya akan keriting daunnya, banyak diserang hama dan penyakit, atau daun cabai menguning. Salah satu perawatan tanaman cabai adalah melakukan penyiraman.

Cara menyiram tanaman cabai yang baik dan benar sebenarnya cukup budah dan simpel, tidak terlalu rumit namun tidak bisa diremehkan. Meskipun kelihatannya sepele, jika tehnik penyiraman tanaman cabai tidak dilakukan dengan tepat maka akan mempengaruhi hasil panen. Ada prosedur penyiraman cabai yang baik dan benar yang bisa anda coba.

Silahkan baca : Prosedur Penyiraman Tanaman Cabai Yang Baik dan Benar

Kalau berbicara masalah penyiraman tanaman cabai, ada pertanyaan yang sering dilontarkan para petani terutama bagi mereka yang masih pemula dalam budidaya cabai. Pertanyaannya yaitu berapa kali penyiraman tanaman cabai sebaiknya dilakukan? Kapan jadwal penyiraman tanaman cabai yang baik dan benar? Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini dasar-pertanian akan menjelaskan secara singkat.

Jadwal Penyiraman Tanaman Cabai Yang Paling Tepat
Proses penyiraman tanaman cabai ( Foto original dasar-pertanian by Wahyu Hendro Wibowo )



Jadwal Penyiraman Tanaman Cabai Yang Paling Tepat


Penyiraman tanaman cabai harus dibuat jadwalnya, artinya tidak boleh asal siram begitu saja. Jadwal penyiraman cabai yang paling baik adalah sebagai berikut :


1. Pagi hari

Penyiraman tanaman cabai yang baik adalah pagi hari, yaitu pada jam 07 s/d jam 10 pagi atau sebelum matahari tergelincir. Artinya kita tidak boleh menyiram tanaman pada siang hari pas matahari sedang terik. Jika kita tetap menyiram tanaman cabai pada siang hari, maka justru tanaman cabai akan layu dan mati.


2. Sore hari

Jadwal penyiraman tanaman cabai selanjutnya adalah sore hari yakni antara jam 4 sore hingga jam 6 sore. Karena pada saat itu matahari sudah mulai redup atau sudah teduh.

Jadi pagi dan sore hari adalah waktu yang paling tepat untuk kita melakukan penyiraman tanaman cabai. Mudah-mudahan artikel singkat dan sederhana ini dapat menambah wawasan anda semua.

0 Response to "Jadwal Penyiraman Tanaman Cabai Yang Paling Tepat"

Post a Comment