Tehnik Perawatan Tanaman Albasia/Sengon Yang Baik dan Benar

Dasar Pertanian - Menanam tanaman albasia atau sengon membutuhkan perawatan yang baik. Tanaman ini merupakan salah satu jenis tanaman jangka panjang yang membutuhkan perhatian khusus, jika tidak maka pertumbuhannya tidak optimal. Prospek budidaya pohon albasia atau sengon ini sangat besar, sehingga jika kita membudidayakan dengan serius akan membuahkan hasil yang memuaskan. Salah satu hal penting yang wajib kita lakukan dalam budidaya sengon adalah melakukan perawatan. Cara merawat tanaman sengon sebenarnya mudah jika kita tahu tehniknya.

Pada kesempatan kali ini dasar pertanian akan berbagi informasi seputar tehnik perawatan tanaman albasia/sengon yang baik dan benar. Dengan perawatan yang benar maka tanaman ini akan tumbuh dengan baik. Adapun tehnik pewaratan tanaman albasia/sengon ini meliputi beberapa hal mulai dari penyiraman sampai pemupukan. Berikut ini penjelasan singkatnya yang bisa anda baca.

Tehnik Perawatan Tanaman Albasia/Sengon Yang Baik dan Benar


Tehnik Perawatan Tanaman Albasia/Sengon Yang Baik dan Benar


1. Peyiraman

Setiap tanaman pasti membutuhkan air yang didapat hanya dengan menyiram, terkecuali ada hujan. Namun tetap kita tidak bisa mengandalkan air hujan saja, pas tiba waktu musim kemarau tentu kita harus menyiramnya. Penyiraman tanaman sengon harus menggunakan air yang bersih dan terhindar dari zat kimia. Siramlah tanaman yang barus ditanam pada pagi dan sore hari. Penyiraman ini terus berlanjut sampai tanaman tumbuh besar dan dapat menyerap air dengan sempurna.


2. Pemupukan

Tidak cukup dengan menyiram saja, membudidayakan tanaman juga wajib dipupuk agar pertumbuhan tanaman menjadi maksimal. Pupuk yang bisa anda gunakan untuk tanaman sengon adalah pupuk organik, seperti pupuk kandang, pupuk bioboost, pupuk organik Nasa, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk pupuk anorganik anda bisa gunakan NPK, Phonska dan lain-lain.


3. Pemangkasan

Tujuan pemangkasan adalah supaya tanaman dapat tumbuh dengan cepat, makin banyak ranting dan daun sehingga membuat tanaman semakin cepat tinggi dan besar. Lakukan pemangkasan secara rutin pada tanaman albasia/sengon.


4. Menyemprot hama dan penyakit

Tanaman ini juga memiliki resiko terserang hama dan penyakit, maka untuk mencegahnya lakukan penyemprotan secara berkala dengan menggunakan pestisida yang bisa anda beli pada toko pertanian. Tanyakan pada penjual apa pestisida yang bagus untuk hama tanaman sengon. Beberapa jenis hama yang dapat menyerang tanaman sengon denga sangat cepat, jika tidak segera diatasi dapat mengakibatkan tanaman mati.

Silahkann baca juga : Jenis Hama dan Penyakit Tanaman Sengon dan Cara Mengendalikannya

Itulah beberapa Tehnik Perawatan Tanaman Albasia/Sengon Yang Baik dan Benar, mudah-mudahan informasi ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda semua.

0 Response to "Tehnik Perawatan Tanaman Albasia/Sengon Yang Baik dan Benar"

Post a Comment