Tips Memilih Bibit Albasia ( Sengon ) Unggul dan Berkualitas

Dasar Pertanian - Pohon albasia atau biasanya lebih akrab disebut sengon adalah salah satu jenis tanaman penghasil kayu dan juga bisa di fungsinya sebagai tanaman peneduh. Menanam pohon sengon ini sebenarnya cukup mudah dan tidak terlalu rumit seperti yang kita bayangkan. Dengan mengetahui seluk beluk pertumbuhan sengon dan tehnik budidaya sengon yang benar, maka anda semua pasti dapat menanam dan membudidayakan pohon sengon sendiri. Dalah hal budidaya sengon, hal yang penting dan menentukan kesuksesan salah satunya adalah pemilihan bibit sengon. Cara memilih bibit sengon unggul memang tidak semua orang tahu, dan pada kesempatan kali inilah dasar-pertanian akan berbagi informasinya.

Perlu anda ketahui bahwa tanaman ini memiliki nilai jual yang tinggi dan jika dibudidayakan dengan benar-benar maka akan membuat kita kaya. Bagaimana tidak? Tanaman penghasil kayu ini cukup banyak diminati oleh produsen kayu sehingga membuat nilai jual kayu sengon menjadi tinggi. Maka dari itu ada prospek kedepan jika anda mau menanam pohon sengon sedini mungkin. 

Tips memilih bibit sengon yang baik dan benar adalah kita berusaha mencari cara sebaik mungkin dalam memilih dan menentukan bibit sengon sebelum menanamnya. Karena jika dalam memilih bibit sengon tidak benar, atau asal pilih saja, maka bisa saja anda mengalami kendala seperti pohon sengon tidak berkualitas, pertumbuhan lambat, hasil kayu tidak bagus, dan lain sebagainya. Maka dari itu berikut ini beberapa tips yang dapat anda ikuti dalam memilih bibit sengon yang unggul dan berkualitas.

Tips Memilih Bibit Albasia ( Sengon ) Unggul dan Berkualitas


Tips Memilih Bibit Albasia ( Sengon ) Unggul dan Berkualitas


1. Mengenali ciri-ciri bibit sengon berkualitas

Cara memilih bibit albasia atau sengon yang benar adalah kita harus mengenali ciri-cirinya terlebih dahulu. Adapun ciri-ciri bibit sengon unggul antara lain sebagai berikut :
  • Memiliki batang yang kuat
  • Bibit tegak lurus ( tidak bengkok )
  • Warna daun hijau segar
  • Memiliki akar yang kuat


2. Mengetahui seluk beluk bibit

Selain kita tahu ciri-ciri bibit sengon yang unggul, ada tips yang kedua yaitu mengetahui seluk beluk bibit sengon. Biji sengon yang di semai/di bibitkan harus berasal dari keturunan jelas dan berasal dari lokasi/tempat yang berbeda-beda. Atau kalu ingin lebih jelas anda bisa membeli bibit sengon yang benar-benar bersertifikat.

Dengan memilih dan menentukan bibit sengon unggulan, mudah-mudahan budidaya pohon sengon yang anda lakukan dapat berhasil. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu dan memberikan sedikit wawasan anda semua tentang bagaimana Tips Memilih Bibit Albasia ( Sengon ) Unggul dan Berkualitas. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Tips Memilih Bibit Albasia ( Sengon ) Unggul dan Berkualitas"

Post a Comment