Tips Memperbanyak Buah Jambu Air Terbukti 100 % Berhasil

Dasar Pertanian - Budidaya buah jambu air memang menyenangkan sekali, apalagi jika musim panen sudah mendekati. Ditambah cuaca panas dan kemarau sehingga menambah rasa cocok jika menikmati buah jambu air. Karena buah ini memiliki kandungan air yang banyak sehingga dapat mengobati rasa haus. Yang lebih menyenangkan lagi adalah jika jambu air yang kita tanam adalah jambu madu. Kenapa jambu madu dapat membuat kita merasa senang? Karena sudah jelas dari namanya saja menggunaan nama madu yang memiliki rasa manis, jadi jambu madu merupakan jambu air yang paling manis diantara buah jambu air lainnya.

Disaat kita sudah memiliki pohon jambu air, tentu harapan kita adalah buah jambu dapat berbuah banyak sebanyak-banyaknya. Selain itu buah yang banyak tersebut hampir seluruhnya bagus tidak ada yang busuk, tentu sangat menyenangkan bukan? Tak jarang petani jambu yang memiliki pohon jambu air namun buahnya kurang maksimal dan hanya sedikit saja. Padahal harapan semua orang ingin agar buah jambu dapat berbuah banyak. Lalu apakah ada tips memperbanyak buah jambu air yang dapat berhasil? Jelas ada donk, dan dibawah ini dasar-pertanian akan bagikan beberapa tips agar buah jambu air dapat berbuah banyak dan lebat. Berikut penjelasannya.

Tips Memperbanyak Buah Jambu Air Terbukti 100 % Berhasil
Pohon jambu berbuah lebat ( Foto original dasar pertanian by Wahyu Hendro Wibowo )


Tips Memperbanyak Buah Jambu Air 100 % Berhasil


1. Rajin memupuk tanaman

Pupuk adalah nutrisi penting bagi setiap tanaman, seperti halnya buah jambu air yang juga membutuhkan pupuk. Namun dalam pemupukan buah-buahan yang perlu diperhatikan adalah jenis pupuk dan tehnik pemupukan. Usahakan jangan memberikan pupuk pada saat tanaman jambu sedang berbunga karena sesuai pengalaman kami, hal itu dapat membuat calon buah mudah rontok. Jadi pemupukan dilakukan sebelum tanaman berbunga, dan pemupukan lanjutan dapat kita lakukan ketika buah sudah benar-benar kuat tangkainya.


2. Rajin memangkas

Tanaman juga perlu dipangkas, terutama pada tunas-tunas muda yang tidak berguna atau tidak produktif. Jika tunas terbsebut tidak dipangkas atau dibuang akan mengganggu pertumbuhan cabang utama. Manfaat memangkas tanaman buah ini sangat banyak sekali, salah satunya adalah dapat memperbanyak buah.


3. Rajin menyiram

Tidak hanya pupuk saja yang diberikan pada tanaman jambu air, tetapi air sangat penting dan berpengaruh pada kesehatan tanaman. Terumata pada musim kemarau yang kadar air tanah semakin berkurang, maka kita harus menyiramnya secara rutin dipagi dan sore hari.


4. Kendailan hama dan penyakit

Tips terkahir agar buah jambu dapat berbuah lebat dan banyak adalah dengan mengendalikan dan membasmi hama penyakit. Karena dua faktor tersebut sangat menentukan sekali pada kesehatan tanaman.

Itulah beberapa Tips Memperbanyak Buah Jambu Air 100 % Berhasil yang sudah kami lakukan dan semoga anda berhasil dalam budidaya buah jambu air. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Tips Memperbanyak Buah Jambu Air Terbukti 100 % Berhasil"

Post a Comment