Cara Mudah Stek ( Sambung Pucuk ) Pohon Mangga Agar Berbuah Lebat

Dasar Pertanian - Stek adalah tehnik memperbanyak tanaman dengan menggunakan potongan tubuh tanaman, bisa bagian akar, daun, dan batang. Stek ini juga bertujuan untuk mendapatkan variasi lain dari pohon yang berbeda namun masih dalam satu jenis. Misalnya kita mau menyambung tanaman mangga jenis arumanis dengan mangga bangkok. Selain itu manfaat stek batang pada tanaman juga dapat membuat tanaman lebih lebat buahnya. Nah pada kesempatan kali ini dasar-pertanian akan mencoba memberikan sidikit tutorial tentang cara stek pohon mangga agar dapat berbuah lebat.

Dalam metode stek batang ini, yang akan admin contohkan adalah stek dengan tehnik sambung pucuk. Jadi yang akan kita stek adalah batang pohon mangga bagian pucuknya saja. Untuk lebih jelasnya silahkan anda baca sampai tuntas penjelasan berikut ini.

Cara Mudah Stek ( Sambung Pucuk ) Pohon Mangga Agar Berbuah Lebat


Cara Mudah Stek ( Sambung Pucuk ) Pohon Mangga Agar Berbuah Lebat


Peralatan yang diperlukan

  • Pisau yang tajam ( disarankan yang masih baru )
  • Tali okulasi ( Grafting tape ) atau jika tidak ada boleh tali ravia. Yang penting dapat mengikat hasil sambung tadi secara kuat.
  • Plastik
Baca juga : Cara Stek Terong dengan Rimbang

Bahan yang diperlukan

  • Pucuk pohon mangga yang akan dijadikan sambungan. 


Cara menyambung/stek :


  1. Silahkan anda pilih dan tentukan jenis pohon mangga yang akan diambil pucuknya, Dalam memilih pucuk mangga sebaiknya anda pilih pohon mangga yang sudah pernah berbuah dan jenis mangga unggul.
  2. Setelah dapat pucuk pohon mangganya, silahkan anda potong dan sayat pada bagian pangkal potongan pucuk tadi tepatnya di bagian kanan dan kirinya menggunakan pisau yang tajam dan masih baru. Bisa anda beli pisau cutter yang harganya cukup murah.
  3. Setelah itu anda juga harus menentukan pohon utama yang akan disambung. Setelah ada silahkan anda potong juga pada bagian pucuknya.
  4. Setelah bagian pucuknya anda potong, selanjutnya belah menjadi dua bagian pucuk tadi kira-kira sedalam 2 cm atau sesuaikan dengan pucuk yang sebelumnya sudah di sayat tadi.
  5. Setelah itu masukkan pucuk pohon mangga yang pertama tadi pada pokok mangga utama yang sudah kita belah bagian pucuknya.
  6. Ikat menggunakan tali okulasi atau tali rafia dengan kuat sampai suluruh luka tertutupi.
  7. Setelah sambungan di ikat, jangan lupa bungkus hasil stek tersebut dengan plastik yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Tujuan pembungkusan ini adalah supaya hasil stek tidak terkena air hujan, karena jika terkena air maka hasil stek bisa gagal.
  8. Terus pantau perkembangan hasil stek selama 1 bulan, biasanya setelah usia stek 1 bulan, tanda-tanda stek berhasil adalah sudah tumbuh tunas pada pucuk sambung tersebut.

Demikianlah informasi tentang Cara Mudah Stek ( Sambung Pucuk ) Pohon Mangga Agar Berbuah Lebat, mudah-mudahan bermanfaat.

0 Response to "Cara Mudah Stek ( Sambung Pucuk ) Pohon Mangga Agar Berbuah Lebat"

Post a Comment