Tips Sukses Budidaya Jeruk Nipis Dalam Pot ( Tabulampot Jeruk Nipis )

Dasar Pertanian - Budidaya jeruk nipis bisa dilakukan dimana saja asalkan ada lahan atau tempat untuk menanamnya. Pada umumnya menanam jeruk nipis dilakukan pada lahan luas seperti kebun atau pekarangan rumah, dan ladang. Namun bagi anda yang tidak memiliki lahan luas, tetap bisa kok menanam jeruk nipis dengan cara tabulampot yaitu menanam buah jeruk nipis dengan media pot. Pada umumnya semua jenis buah dapat ditanam dengan cara tabulampot, dan justru dengan menanam buah di pot akan memudahkan kita merawatnya dan mempercepat hasil panen buah.

Budidaya jeruk nipis didalam pot memang cukup simpel, kita dapat dengan mudah merawatnya dan tanaman bisa kita pindahkan kemana saja. Ada beberapa tips yang bisa anda lakukan dalam hal budidaya jeruk nipis didalam pot ini. Berikut penjelasan lengkapnya.

Tips Sukses Budidaya Jeruk Nipis Dalam Pot ( Tabulampot Jeruk Nipis )



Tips Sukses Budidaya Jeruk Nipis Dalam Pot


1. Pemilihan bibit jeruk nipis

Agar sukses dalam budidaya jeruk nipis, hal paling utama dan sangat penting untuk kita lakukan adalah memilih dan menentukan bibit jeruk nipis dengan kualitas yang baik. Saran bagi anda yang ingin menanam jeruk nipis, pilihlah bibit hasil cangkok dari pohon induk yang unggul. Cangkok batang jeruk nipis yang sudah pernah berbuah agar mempercepat nanti jeruk nipis berbuah.


2. Pemilihan jenis pot

Setelah anda memilih jenis bibit jeruk nipis yang bagus, maka langkah selanjutnya adalah memilih pot yang baik dan benar. Memilih jenis pot ini berdasarkan bahan pot dibuat, ukuran pot juga harus disesuaikan dengan usia tanaman jeruk nipis. Sebaiknya anda menggunakan pot yang besar agar kuat dan mampu memberikan ruang pada akar untuk berkembang. Jika pot terlalu kecil, maka akar tanaman tidak dapat berkembang dengan baik karena sempit.


3. Media tanam

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan media tanam seperti tanah yang sudah dicampur dengan pupuk kandang, dan juga bisa ditambah dengan sekam padi yang sudah kering. Campur rata tanah dan pupuk dan diamkan selama beberapa hari.


4. Menanam/memindahkan bibit jeruk nipis kedalam pot

Setelah semua media tanam siap, maka saatnya kita memindahkan atau menanam bibit jeruk nipis pada pot yang sudah berisi dengan tanah bercampur pupuk. Cara menanamnya cukup mudah, silahkan anda buka plastik polybag ( jika bibit berada dalam polybag ), atau jika bibit langsung anda ambil dari cangkokan, jangan lupa melepas terlebih dahulu plastiknya. Tanamkan pada pot yang sudah anda gali tepat ditengah-tengah pot tersebut, kemudian posisikan bibit tegak lurus dan segera timbun kembali.


5. Perawatan jeruk nipis dalam pot

Untuk mendapatkan sukses dalam budidaya jeruk nipis dalam pot, maka perawatan memiliki peran cukup penting. Cara merawat pohon jeruk nipis dalam pot adalah dengan melakukan penyiraman secara rutin, 2 kali sehari pagi dan sore hari. Lakukan pemangkasan pada ranting yang tidak berguna, basmi hama penyakit dan jangan lupa beri pupuk susulan pada tanaman jeruk nipis, pilihlah jenis pupuk terbaik untuk tanaman jeruk nipis ini.

Baca juga : Pupuk Yang Bagus dan Baik Untuk Tanaman Jeruk Nipis

6. Peletakan tanaman

Letakkan tanaman jeruk nipis pada lokasi yang luas atau tempat terbuka supaya tanaman dapat oksigen secara penuh. Jika menanam jeruk nipis lebih dari satu pot, maka atur jarak setiap pot antara 2x2 meter atau lebih. Jika terlalu rapat, nanti tanaman semakin lama akan tumbuh besar dan jarak yang sempit akan mengganggu pertumbuhannya.

Itulah sedikit informasi tentang Tips Sukses Budidaya Jeruk Nipis Dalam Pot ( Tabulampot Jeruk Nipis ), semoga bermanfaat.

0 Response to "Tips Sukses Budidaya Jeruk Nipis Dalam Pot ( Tabulampot Jeruk Nipis )"

Post a Comment