Wajib Baca !! Inilah Hama Utama Penyebab Daun Jambu Madu Bolong dan Berlubang

Dasar Pertanian - Hama dan penyakit menjadi faktor penyebab gagalnya petani dalam melakukan budidaya tanaman. Hama merupakan organisme pengganggu yang perlu dibasmi sedini mungkin. Jika kita terlambat membasmi hama pada tanaman, maka bisa dapat dipastikan kita akan gagal panen. Selain itu mungkin ada juga penyebab lain yang membuat kita tidak tahu harus berbuat apa pada tanaman karena kita tidak tahu hama apa sebenarnya yang menyebabkan tanaman kita rusak. Sebagai pengalaman admin sendiri adalah pada tanaman jambu madu.

Mungkin secara umum kita semua tahu bahwa hama yang sering menyerang tanaman jambu madu atau jambu air jenis lain adalah ulat. Terutama pada bagian daun jambu yang sering kali mengalami bolong atau berlubang. Jika hanya satu atau dua lembar daun saja sih tidak menjadi masalah. Yang menjadi masalah adalah jika hampir seluruh daun jambu madu mengalami bolong atau berlubang. Nah inilah seperti yang terjadi pada jambu madu milik saya. Mungkin di antara anda selama ini juga bingung hama apa yang menyebabkan daun jambu air atau jambu madu bisa berlubang.

Sebelum saya tahu hama ini yang menyebabkan daun jambu madu bolong berlubang, memang saya anggap itu adalah hama ulat yang biasanya suka memakan daun jambu tersebut. Tapi setelah saya teliti pada siang haru kok si ulat tidak ada ya? Lalu pada malam hari saya mencoba keluar rumah untuk mencari tahu siapa gerangan hama yang bikin daun jambu saya bolong-bolong, karena biasanya pada malam hari hama-hama tersebut beraksi. Setelah malam hari tiba, tepatnya pada pukul 22.00 WIB atau jam 10 malam saya keluar rumah dan memperhatikan secara seksama pada setiap helai daun jambu, saya colokin dengan senter dan tahukah anda siapa sebenarnya hama tersebut?

Berikut ini akan saya berikan foto hama tersebut, saya kurang tahu pasti apa nama hama tersebut yang jelas ia seperti kepik namun lebih panjang tubuhnya. Inilah hama yang ternyata memakan daun-daun jambu madu saya selama ini.

Hama Utama Penyebab Daun Jambu Madu Bolong dan Berlubang
Gambar hama penyebab daun jambu madu bolong berlubang ( Foto original dasar-pertanian )


Lalu bagaimana cara membasmi hama tersebut? Nah untuk membasi hama tersebut anda harus menyemprot dengan insektisida, kalau saya biasanya Membasmi Hama Pada Tanaman Menggunakan Insektisida Regent 50 SC. Tapi itu semua terserah pada anda masing-masing. Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat bagi anda semua dan bagi anda yang belum tahu bisa menjadi tahu hama yang membuat daun jambu air atau jambu madu berlubang.

0 Response to "Wajib Baca !! Inilah Hama Utama Penyebab Daun Jambu Madu Bolong dan Berlubang"

Post a Comment