Inilah Tehnik Pengendalian Hama Penyakit Pada Tanaman Lada/Merica

Dasar Pertanian - Halo sahabat tani semua dan pengunjung setia dasar pertanian, pada kesempatan kali ini kita akan membicarakan tentang bagaimana strategi pengendalian hama dan penyakit tanaman lada. Lada atau merica merupakan salah satu tanaman penghasil rempah yang sangat banyak manfaatnya. Selain dapat digunakan sebagai penambah rasa pada masakan, keuntungan dari budidaya lada merica adalah kita akan memperoleh keuntungan berupa uang. Bagaimana bisa demikian? Jika kita sukses dalam budidaya lada, maka hasil penjualan lada tersebut jelas sangat menguntung bagi kita, apalagi kalau kita lihat nilai jual lada juga lumayan tinggi. Dengan demikian sangat beruntung orang yang mau menanam lada untuk dibudidayakan. 

Dalam kegiatan budidaya tanaman jenis apapun, faktor yang menjadi penyebab gagalnya hasil panen sebuah tanaman adalah adanya serangan hama atau penyakit yang menjangkit tanaman tersebut. Sama halnya dengan tanaman lada ini, sudah pasti ada resikonya. Adapun resiko dalam budidaya lada merica yang umum adalah serangan hama penyakit. Hama Penyakit Tanaman Lada atau disingkat HPTL adalah faktor penghambat dan pemicu kegagalan dalam budidaya lada. Jika tidak di waspadai maka resiko gagal panen ada didepan mata. Sebelum hama dan penyakit menyerangan tanaman lada yang kita budidayakan, maka harus ada strategi pencegahan hama penyakit tanaman lada tersebut.

Tehnik Pengendalian Hama Penyakit Pada Tanaman Lada/Merica

Tehnik Pengendalian Hama Penyakit Pada Tanaman Lada/Merica


Cara mengendalikan hama dan penyakit pada tanaman lada atau merica adalah dengan beberapa strategi. Jika serangan hama dan penyakit belum begitu parah, sebaiknya kita melakukan pengendalian hama penyakit yang bersifat ramah lingkungan. Baru jika hama penyakit sudah sangat parah kita gunakan cara kimiawi.

1. Mengendalikan HPTL dengan tehnik budidaya yang tepat

Cara mengendalikan hama penyakit tanaman lada yang pertama adalah dengan menggunakan tehnik penanam atau pembudidayaan secara tepat atau sesuai dengan anjuran. Adapun cara budidaya lada yang tepat dan sesuai dengan anjuran bisa anda baca penjelasannya pada artikel yang ada pada link dibawah ini.

Silahkan baca disini : Tehnik Budidaya Lada Sesuai Anjuran yang Wajib Anda Baca

2. Mengendalikan penyakit tanaman lada dengan cara hayati

Dengan mengendalikan penyakit tanaman lada secara hayati mampu mengatasi penyakit Busuk pangkal Batang (BPB) dan juga dapat mengatasi penyakit kuning.


3. Mengendalikan HPTL dengan pestisida akktif

Cara mengendalikan hama tanaman lada seperti penggerek batang dapat kita gunakan pestisida berbahan aktif karbofuran 30-50 g/tanaman.

Itulah beberapa cara atau Tehnik Pengendalian Hama Penyakit Pada Tanaman Lada/Merica yang bisa anda coba terapkan. Mudah-mudahan bermanfaat dan bisa menambah ilmu serta wawasan anda semua.

0 Response to "Inilah Tehnik Pengendalian Hama Penyakit Pada Tanaman Lada/Merica"

Post a Comment