Defenisi Bakteri Rhizobium sp dan Kegunaannya Dalam Bidang Pertanian

Dasar Pertanian - Tahukah anda apa itu bakteri Rhizobium sp? Mungkin bagi anda yang belum pernah mendengarnya akan kebingungan apa sebenarnya bakteri Rhizobium tersebut. Pengertian bakteri Rhizobium sp adalah bakteri yang berbentuk basil dan bersifat gram negatif yang merupakan penghuni biasa didalam tanah. Bakteri Rhizobium ini merupakan mikroba tanah yang dapat mengikat nitrogen bebas di udara untuk menjadi ammonia (NH3) yang kemudian diubah menjadi asam amino dan selanjutnya dapat menjadi senyawa nitrogen yang sangat diperlukan oleh tanaman untuk tumbuh dan berkembang. Bagi orang yang masih awam mungkin tidak tahu manfaat dari bakteri rhizobium sp ini.

Bakteri rhizobium ini biasa dikenal dengan istilah bakteri nitrogen, hal ini karena kemampuannya dalam mengikat nitrogen sangat baik. Rhizobium ini merupakan salah satu bakteri pengikat nitrogen yang termasuk dalam kelompok Proteobacteria. Apa itu Proteobacteria? Proteobacteria adalah kelompok bakteri nitrogen yang berhubungan dengan tanaman polong-polongan atau (leguminosa) guna membentuk sebuah simbiosis mutualisme dalam bintil akar atau nodul guna mengikat nitrogen bebas pada udara.

Lalu apa sebenarnya fungsi dan kegunaan dari Bakteri Rhizobium sp? Berikut ini beberapa fungsi dan kegunaan dari Bakteri Rhizobium pada tanaman.

Defenisi Bakteri Rhizobium sp dan Kegunaannya Dalam Bidang Pertanian



Manfaat Bakteri Rhizobium Pada Tanaman


  1. Dapat memberikan nitrogen tambahan pada tanaman sehingga pada tanaman kacang-kacangan tidak perlu lagi tambahan pupuk nitrogen.
  2. Dapat meningkatkan hasil panen sekitar 10-25 %.
  3. Dapat menyuburkan tanah.
  4. Sebagai pupuk hijau pada tanaman

Masih banyak lagi manfaat dan kegunaan dari Bakteri Rhizobium sp terhadap tanaman atau bidang pertanian. Biasanya tanaman kedelai yang paling banyak membutuhkan Bakteri Rhizobium ini.

0 Response to "Defenisi Bakteri Rhizobium sp dan Kegunaannya Dalam Bidang Pertanian"

Post a Comment