Cara Menanam Pohon Albasia ( Sengon ) Yang Baik dan Benar

Dasar Pertanian - Sengon ( Albizia chinensis ) adalah salah sejenis tanaman kayu yang masih termasuk dalam keluarga suku Fabaceae. Tanaman ini memiliki banyak kegunaan salah satunya sebagai tanaman peneduh dan penghasil kayu. Tak heran kita melihat banyak orang yang membudidayakan tanaman albasia ini karena memang memiliki niali jual yang lumayan tinggi. Tanaman yang disebut sengon ( dalam bahasa jawa ) ini adalah jenis tanaman kayu yang ringan namun padat sehingga banyak orang yang menggunakannya. Cara menanam albasia cukup mudah dan pastinya bagi anda yang belum pernah tahu maka disini dasar pertanian akan membahasnya secara ringkas.

Cara budidaya tanaman sengon yang baik dan benar adalah kita berusaha untuk mengetahui tentang tehnik menanam tanaman sengon dengan tata cara yang dianjurkan dan tahu bagaimana tehnik perawatan pohon sengon atau albasia ini. Dengan perawatan yang benar maka pohon sengon akan tumbuh dengan subur.

Cara Menanam Pohon Albasia ( Sengon ) Yang Baik dan Benar


Cara Menanam Pohon Albasia ( Sengon ) Yang Baik dan Benar


1. Menyiapkan bibit

Sebelum menanam pohon albasia, hal yang pertama harus dipersiapkan tentu bibit sengon. Untuk pemilihan bibit sengon yang baik dan benar anda bisa baca penjelasannya pada artikel yang sudah admin posting pada link dibawah ini.

Silahkan baca : Tips Memilih Bibit Sengon Unggul Yang Baik dan Benar


2. Menyiapkan lubang tanam

Setelah bibit anda siapkan, langkah selanjutnya adalah membuat lubang tanam. Untuk lubang tanam dan jarak tanam ini cukup penting anda perhatikan sebelum menanan pohon sengon. Buatlah lubang tanam sedalam kurang lebih 40-50 cm dengan jarak tanam sekitar 3-4 meter antar tanaman. Setelah anda buat lubang tanam selanjutnya isi lubang dengan pupuk dasar. Biarkan lubang yang sudah di isi pupuk dasar selama 2 minggu. Jenis pupuk dasar yang bagus untuk tanaman sengon ini bisa nanti anda baca pada artikel selanjutnya yang akan admin update.


3. Menanam bibit

Cara menanam bibit sengon cukup mudah, anda tinggal memasukkan bibit sengon yang ada pada polybag ( jika bibit berasal dari polybag ) dan jangan lupa membuka plastik polybagnya. Lalu masukkan pada lubang tanam yang sebelumnya sudah diberi pupuk dasar. Kemudia timbun kembali dengan tanah.


4. Perawatan pohon sengon

Cara melakukan perawatan pohon sengon tidaklah rumit dan anda semua pasti bisa melakukannya. Tehnik perawatan tanaman sengon/albasia ini yaitu dengan memberikan pupuk susulan, melakukan penyiraman, pemangkasan, dan lain sebaginya.
Demikianlah sedikit informasi tentang Cara Menanam Pohon Albasia ( Sengon ) Yang Baik dan Benar, semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Menanam Pohon Albasia ( Sengon ) Yang Baik dan Benar"

Post a Comment